Pelatihan Pemasaran Melalui Social Media untuk UKM

by 16.51


​Untuk memaksimalkan social media yang ada, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan khususnya oleh para UKM. Ingat, selalu ciptakan CONTENT yang berkualitas karena content mrupakan mata uang anda dalam memaksimalkan Social Media Marketing.

Perhatikan KORELASI antar usaha anda dengan content yang anda berikan. Bila usaha kuliner, siapkan content tentang makanan dan kesehatan. Ingat proporsi 80:20. Berikan 80% content bermanfaat & 20% content promo produk anda. Jangan TERBALIK.

Alokasi waktu penyajian content juga penting. Anda hnya perlu tahu kapan waktu-waktu para nitizen yang paling banyak mengakses Social Media. Lakukan KULTWEET khususnya pada peak time & CC kan ke akun-akun besar agar akun anda dibantu promote.

Untuk format kultweet biasanya dibagi menjadi 3 bagian besar: bagian untuk mengajak menyimak, bagian isi utama, bagian penutup. Untuk kultweet, gunakan penomoran berurut serta hashtag yang sama agar para follower anda tidak bingung menyimak content anda. Untuk yang baru memulai, anda bisa gunakan aplikasi autoschedule spt hootsuite, conversocial, tweetdeck, sendible, dll.

Aplikasi autoschedule ini akan sangat mempermudah anda menyajikan content secara konsisten & terjadwal. KONSISTENlah dalam menyajikn content. Jangan hanya 1-2 minggu teratur setelah itu 'HILANG'. Hal ini tidak baik bagi eksistensi akun.

Sangat tidak dianjurkan memakai AUTOFOLLOWED. Biarkan follower bertumbuh secara ORGANIK & awareness akan terbentuk dengan sendirinya. Ingat, social media adalah INVESTASI anda. Pelajari & pergunakanlah secara MAKSIMAL.

PEMASARAN LEWAT FACEBOOK



​Banyak orang lalai dalam berjualan online, salah 1 lalainya adalah mengabaikan MANFAAT FACEBOOK. Banyak orang yang sudah sukses Jualan di Facebook. Pertanyaannya, Kenapa Anda Belom Sukses Jualan di Facebook?

Ada "7 Rahasia Sukses Jualan di Facebook" yang belum banyak di PRAKTEKAN Orang.

Rahasia 1: FOKUS | Ada ratusan jejaring sosial di Internet dengan berbagai macam keunikan dan kelebihan tersendiri. Salah satunya Facebook, dan HEBATnya Facebook adalah Jejaring Sosial yang paling banyak di gunakan di INDONESIA. Jika anda bisa FOKUS, orang akan banyak tahu anda. Mau cari Underwear Murah? Oh, sama si ANU aja, dia jualan di Facebook.

Rahasia 2: KUALITAS | Orang udah banyak yang tau anda jual "Underwear" pas udah beli, ternyata KUALITASnya mengecewakan. Bukan hanya KUALITAS Produk, tapi juga KUALITAS Pengiriman, Merespon Pelanggan, Gampang di Hubungi. dll

Rahasia3 : TERTARGET | Jualan Underwear PRIA, jualnya sama WANITA. Jangan ngarep laku! Cari Group2 pria di Facebook. Coba search di facebook "Komunitas Pria" > terus gabung > kenalan > tawari produk > produkmu laku > simpelkan? Setiap kebutuhan pasti TARGETnya juga BEDA. Kalo tadi contoh jualan Underwear Pria, Anda jualan apa? ikutin POLAnya.

Rahasia 4 : GABUNG KOMUNITAS | di Facebook ada ratusan KOMUNITAS, gabung disana, kalo bisa BerKONTRIBUSI. Biasanya orang beli karena kenal sama ORANGnya, atau karena penjualnya yang RAMAH. Kalo anda dikenal banyak orang, JUALANmu Laku Gak?

Rahasia 5 : KREATIF | Jika anda jualan di Facebook KREATIF itu wajib. Bisa jadi yg jual produk kaya kamu di Facebook banyak. Semakin byk yg jualan, semakin ketat persaingan, semakin WAJIB anda harus punya IDE-IDE kreatif, agar Facebook Shop anda banyak pengunjung. Bikin Promosi yg unik & kreatif. Kalo bisa di buat dengan Teknik Copy writing di Jamin, jualan anda laku keras!

Rahasia 6 : BERPIKIR seperti PEMBACA | Jika anda ingin posting di Facebook Shop coba pikirkan apa yang akan di pikirkan pembaca? Kira2 Bagaimana Reaksi Mereka? Mungkin bakal ada yang marah, tersinggung, mendukung, dll. Hal itu harus anda siapkan diawal.

Rahasia 7 : KOMUNIKATIF | Facebook adalah media komunikasi. Pemasaran, Promosi, & Jualan adalah komunikasi juga.

Syarat SUKSES Jualan di FACEBOOK adalah KOMUNIKATIF. artinya anda harus bisa berkomunikasi dengan baik. Kalo di facebook berkomunikasinya dengan cara ditulis. Luangkan waktu anda untuk membaca dan membalas komentar2 mereka. Banyak orang yang sudah banyak Jualan di Facebook Shop Tapi kebanyakan Tiru sini,Tiru sana. Jika yang ditiru sudah baik anda beruntung, tapi kalo yg di tiru belum baik? Saran saya Pakai Style anda di Facebook Shop anda.

PEMASARAN LEWAT TWITTER



​Data terakhir Internet World Stats, Pengguna twitter di Indonesia sudah lebih dari 30 jt. Besarnya twitter user merupakan potensi yang besar untuk kegiatan branding/promosi *tapi ada strateginya. Merek jangan masuk ke twitter tanpa mempelajari terlebih dulu cara berkomunikasi via twitter. Tentukan tujuan knp masuk ke twitter, buat plan, training orang yang handle brand kita di twitter + monitor.

Buatlah konten twitter yang bermanfaat + talkable: tips bermanfaat, quote, info, campaign + harus konsisten. Bangun percakapan dengan follower, influencer, evangelist. Ini penting untuk membangun brand engagement. Gunakan twitpic/web link untuk publikasi info produk atau aktivitas marketing dalam bentuk picture/info. Gunakan hashtag (#) untuk campaign, tweet bermanfaat dan juga utk branding nama merek kita.

Integrasikan strategi twitter dengan web/blog usaha kita. Web/Blog akan jadi landing page info produk. Rencanakan untuk tweet aktivitas promo, info diskon dan aktivitas marketing via twitter. Twitter juga bisa digunakan untuk edukasi market jika ada produk baru. Tapi inget 80:20 (jualan hanya 20%nya).

Gunakan twitter untuk customer service, khususnya jika ada konsumen yang bertanya tentang produk/jasa kita.

Bangun komunitas pelanggan/konsumen melalui twitter, lakukan prtemuan rutin di offline (gathering). Komunitas pelanggan yang dibangun dari twitter dan melalui pertemuan offline bisa membangun loyalitas. Pada dasarnya proporsi tweet kita antara promosi dan tweet bermanfaat hrs lebih byk yg bermanfaat.

Sekian sharingnya semoga tips social media marketing ini bermanfaat untuk rekan-rekan UKM :)

Workshop "Marketing Plan" Rencana Pemasaran untuk UKM

by 15.38


​Mengucapkan langsung dari Kelas Ketrampilan! Sudah siapkan ide membuat Marketing Plan hari ini?

Sudah dimulai nih kelasnya oleh Mas Yuswohady One-Day Workshop: Marketing Plan for UKM. Simak yuk!

Dalam pembukaan kelas workshop pagi ini, Yuswohady bilang kalau karyawan adalah salah satu bagian penting dari Marketing Plan.

"Membangun karyawan akan lebih bermanfaat untuk sustainability bisnis"

Karena menurut Yuswohady , membangun karyawan akan lebih bermanfaat untuk sustainability bisnis. Planning ini penting. Apalagi, sebanyak 50%-70% UKM dalam 3 tahun biasanya akan tutup karena planning-nya tidak berjalan baik.

Oh ya, selain KARYAWAN, BRAND yang kita punya juga termasuk ke dalam marketing plan lho! Namun, perlu kita ingat bahwa BRAND tidak hanya sebatas logo dan nama, tapi lebih kompleks. Ada VALUE di dalamnya!

"Marketing plan tidak sembarangan dibuat, harus ada strateginya." kata Yuswohady

Mungkin ada pertanyaan seperti ini: "Lalu bagaimana caranya membuat Marketing Plan yang tepat?"

"Strategi dalam Marketing Plan, ada baiknya kita review di tahun sebelumnya untuk forecast di tahun mendatang," kata Yuswohady

Ternyata balik lagi ke teori dasar nih, Rekan. Kita jangan sampai melupakan dinamika market, mereka itulah sumber insight kita. Mudahnya seperti ini, dengan memahami market kita akan tau kebutuhan konsumen dan peluang apa yang bisa diambil. Dengan memahami kedua hal tadi, akan lebih mudah kita membuat Marketing Plan bisnis kita.

Nah biar gak makin penasaran, yuk simak terus dalam workshop Marketing Plan ini bersama Mas Yuswohady.  Setelah ikut workshop, teman-teman di sini lagi asik membuat Marketing Plan, dan langsung praktek!

"Saat membuat Marketing Plan harus optimis, dari hasil analisa market dan peluang yang ada." kata Yuswohady

Setelah ISHOMA, kita mulai lagi yuk workshop Marketing Plan siang ini :)

Di sesi 1 tadi, kita sudah belajar Planning dari hasil review. Terutama dari poin dinamika market, kompetitor, dan konsumen. Nah di sesi selanjutnya, kita akan belajar bagaimana membuat Marketing Plan dari hasil analisa S.W.O.T



Analisa SWOT ini pastinya lumrah kita kenal. Hanya saja, seberapa dalam kita mengoreknya lebih dalam untuk bisnis kita?

Yuk ingat kembali apa itu SWOT!

S (Strength): Sesuatu apa yang menjadi 'kekuatan' dari bisnis kita. Ini penting saat kita ingin merebut marketshare competitor.

Dengan tau kekuatan yang dimiliki, kita akan tau seberapa jauh kemampuan kita menaklukan kompetitor dan merebut marketshare

W (Weakness): Ini adalah poin kelemahan dari bisnis kita

Dari kita tau apa yang menjadi kelemahan, kita akan tau seberapa jauh batasan yang bisa bisnis kita perbuat

O (Opportunity): Ini adalah peluang yang ada di sekitar kita. Mana saja yang bisa diambil untuk dimaksimalkan

Dengan cerdik mengambil dan memilih peluang yang ada, kita akan selangkah lebih maju dari kompetitor. Ya kan? :)

Dan terakhir adalah T (Threat): Ini adalah ancaman yang selalu mengintai di sekeliling kita

Ancaman ini selalu ada dari kompetitor, dinamika market, dan bahkan dari internal bisnis kita sendiri. Jadi, waspadalah! :)

Wah, makin seru nih sepertinya. Sekarang saya mau lihat Rekan di sini yang sedang asik lanjutkan pembuatan Marketing Plan.

Dalam membuat strategi, ada 3 hal yang harus diingat menurut Yuswohady

1. Inovasi

2. Operational Excellent

3. Customer Intimacy

Begitupun dengan strategi market

1. Market Driven

2. Market Driving

Untuk Market Driven sendiri adalah; Need sudah ada, kita hanya mengikuti maunya market. Sementara Market Driving; Need belum ada, tugas kita untuk 'memaksa' market agar mengikuti apa yang kita tawarkan  Yuswohady.

Contoh Market Driving dari Yuswohady misalnya Steve Job yang banyak melihat kebutuhan market dan memproyeksikan idenya dengan tepat. Maka itulah terlahir produk-produk laptop dan komputer tablet yang cukup inovatif seperti yang selama ini beredar di pasaran. Nah Rekan, tadi kita sudah banyak membahas soal Business Review dan SWOT Analysis dalam membuat Marketing Plan yang tepat.

Sekarang kita mulai ACTION dengan mulai membangun apa yang tadi sudah di-review dan analisa! Namun, sepertinya kita harus segera take action atas planning yang tadi sudah dibuat. Sampai jumpa lagi di lain kelas dan achievement baru yang lebih sukses!

Pelatihan Kursus Memulai Usaha Bisnis untuk Pemula!

by 14.42


​Siap menyimak beberapa tips wirausaha dari kami? Bantu retweet biar banyak orang yang terinspirasi buat berwirausaha.

Sebelum mulai menjajaki dunia bisnis, cari tahu berapa kisaran modal usaha yang sobat MRE butuhkan. Sebisa mungkin rincilah setiap biaya yg kamu butuhkan, lalu akumulasikan berapa total jumlah anggaran yang di perlukan. Jika anggaranmu tidak mencukupi, jangan memaksakan diri untuk mulai menjalankan bisnismu. Kumpulkan modal terlebih dahulu. Pisahkan dengan jelas kebutuhan usaha dan kebutuhan pribadi dalam 2 rekening terpisah dan gunakan sesuai dengan fungsinya.

Di masa awal merintis usaha, penghasilanmu tak akan pernah stabil. Inilah pentingnya kenapa harus memiliki tabungan. Selama masih merintis dan belum mencapai kesuksesan, jauhkan dirimu dari gaya hidup yang boros dan hura-hura. Cari ide dan konsep 'out of the box' namun laku untuk dijual. Tentukan bisnismu akan bergerak dalam bidang usaha apa dan hal apa yang membedakan dengan kompetitor lainnya.

Lakukan 'Mapping' agar sobat MRE tahu apa visi, misi, sistem operasional dan kapan usaha akan berjalan. Tentukan segementasi pasar yang akan menjadi target pasarmu nanti. Lalu bidiklah target pasar yang ingin kamu pilih. Menentukan segmen dan target pasar akan membuatmu lebih fokus dan lebih efisien dalam mengembangkan usaha. Lakukan strategi pemasaran sesuai dengan segmen dan target pasarmu dengan memanfaatkan beragam media.

Jika target pasarmu anak muda yang melek teknologi manfaatkan seluruh channel sosial media untuk promosi. Jangan salah dalam memilih strategi pemasaran, karena jika kamu salah, produkmu tak akan sampai pada calon konsumenmu.  Strategi pemasaran merupakan ujung tombak dari bisnismu, apakah akan sukses ataukah gagal. Jangan ragu menambah pengetahuan dan juga skillmu. Kunci sukses dr seorang entrepreneur adalah selalu belajar dan berkembang.

Pengetahuan tentang bisnis akan membantumu dalam menentukan ide dan strategi-strategi baru dalam mengembangkan bisnismu. Skill bisa membantumu agar kamu tak terlalu bergantung pada orang lain.  Jika tidak banyak pengetahuan dan skill, bacalah buku, ikut seminar, dan ambillah pelatihan atau kursus.

Sekarang jamannya serba online, buatlah website dan akun sosial media guna mempromosikan usahamu. Website dan akun sosmed memudahkan sobat MRE berinteraksi langsung dengan konsumen guna memudahkan promosi.  Mintalah saran dan kritik dari seorang pakar dan role model yang sobat MRE kenal, tentunya yang pakar bidangnya.  Pilihlah nama yang menarik, simple dan mudah di ingat untuk mewakili usahamu. Rekrut dan pilihlah partner yang berkompeten dibidangnya sesuai dengan keperluanmu agar usaha bs segera berjalan.

Seorang wirausaha itu harus memiliki mental sekuat baja dan tahan banting. Jadi persiapkan mentalmu. Aat menjalankan wirausaha akan banyak persaingan dan cobaan yang akan menerpamu. Perkuat mental dan banyak berdoa. Sekian tips wirausaha dari kami. Selamat membaca dan makan siang sobat MRE

Pelatihan Peningkatan Strategi Daya Saing UKM Online

by 14.07


​Di era persaingan yang semakin ketat, Pembisnis / UKM perlu meningkatkan daya saing. Peningkatan daya saing tidak hanya supaya bertahan tapi juga harus menjadi business leader. Ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan untuk meningkatkan daya saing UKM: Hal mendasar adalah SDMnya.

Peningkatan daya saing SDM bisa dengan cara melakukan training karyawan dan membuatkan standar pelayanan. Langkah selanjutnya adalah lakukan improvement kualitas produk, evaluasi dan inovasi produk sangat penting. Produk yang berkualitas akan meningkatkan daya saing UKM >> meningkatkan sales & loyalitas konsumen.

Daya saing dalam harga: tekan cost, hemat dalam resource, carilah supplier yang tidak mahal namun berkualitas. Lakukan strategi harga dengan menjual banyak diberi harga lebih murah, diskon saat momen tertentu atau dengan membercard. Pelajari strategi marketing yang efektif, karena tanpa marketing yang kuat, UKM akan sulit bersaing.

Strategi marketing khususnya promosi perlu dipelajari + diterapkan untuk mengkomunikasikan produk. Saat ini media promosi yang baik adalah mengkombinasikan strategi offline dan online strategi. Di era internet saat ini, UKM bisa meningkatkan daya saing dengan promosi berbiaya murah dengan social media.

Di persaingan yang smakin padat, UKM perlu memiliki strategi differensiasi: apa yang membedakan dengan pesaing. Tidak hanya berbeda melainkan ada strategi competitive advantage (USP) >> kelebihan dibanding pesaing. Miliki sistem bisnis yang baik serta buatlah SOP (Standar Operating Procedure) untuk memastikan kualitas. Lakukan survey untuk mengetahui kepuasan konsumen. Ini penting untuk meningkatkan kualitas & daya saing. Bergabunglah dengan komunitas pengusaha karena dengan bergabung kita akan banyak belajar dari pengusaha lain.

Jangan enggan untuk ikut training/seminar entrepreneur, event ini akan mensupport ide, mental & inovasi.. Owner dan tim karyawan harus mau terus belajar untuk mngembangkan usaha semakin baik sehingga punya daya saing.

Meski jumlah UKM di Indonesia saat ini sekitar 56jt, namun tak sebanding dengan tingkat daya saing UKM tersebut, baik lokal maupun internasional, ternyata sekitar 70% memulai UKM karena desakan ekonomi bukan karena memiliki produk yang unik atau keterampilan pada bidang tertentu. Kebanyakan UKM hanya melakukan proses produksi dan menjualnya, sehingga daya saing UKM Indonesia sulit bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar. Tentu saja kondisi ini membuat sebagian besar UKM Indonesia tidak memiliki daya saing.


​Untuk bertahan dan berkembang dalam dunia bisnis kita harus punya keterampilan, bekerja profesional dan inovasi bisnis. Paling tidak pelaku UKM Indonesia bisa melakukan 5 hal agar bisa meningkatkan daya saingnya baik lokal maupun internasional. Yakni:

1. INOVASI -  Dalam Bisnis inovasi adalah segala-galanya. Inovasi melahirkan produk yang unik. Dan unik adalah awal daya saing konsumen membeli sesuatu yang BEDA dari kategori produk yang sama. Membeli produk yang sama akan cepat menimbulkan kebosanan.

2. BRANDING - Penyebab kegagalan UKM adalah tidak melakukan branding. Bahkan pengertian branding pun rancu dengan iklan/merek. Rata-rata UKM hanya menciptakan ogo dan kemasan yang indah. Dan lalu beranggapan produknya laku. Nyatanya hal ini ternyata tidak cukup. Mengapa? Brand terjadi lewat pengalaman pertama konsumen dengan produk. Bukan oleh logo atau kemasan yang indah. Seperti sy katakan didepan PRODUK yang UNIK akan mampu membangun BRAND lewat pengalaman pertama yang berkesan dengan konsumen. Logo dan kemasan indah menjadi tanda atas berulangnya kesan pertama pada kesempatan berikutnya. Terjadi Brand Loyalty

3. MARKETING - Marketing mix adalah Product, Price, Place dn Promotion. Karena jadi awal terjadinya Brand merk PRODUK. Penting bagi UKM 60% dari usaha UKM harus fokus pada PRODUK. Produk harus UNIK. Masalahnya pelaku UKM membuat produk yang rata-rata sama dengan tetangga

4. DNA produk harus jelas - Asal-usul. Silsilah. Lakukan inovasi agar jadi unik. Kalau mudah ditiru, Brand anda berumur pendek.

PRICE - pada UKM biasanya adu murah. Karena produknya generik. Kalau produknya UNIK, apalagi SATU2NYA bisa premium price. Bila produk UNIK harga PREMIUM merk margin cukup besar untuk tambah mesin-mesin produksi. Kalau margin tipis lama-lama menggerus modal.

5. PLACE - Biasanya UKM melakukan distribusi sendiri. Jarang menggunakan jasa distributor atau agen. Karena masih partai kecil.

6. PROMOTION - Gak perlu iklan. Manfaatkan WOM. Kalau pengalaman pertama berkesan WOM lahir dengan sendirinya. Bisa lewat Sosmed.

MANAGEMENT - Pelaku UKM harus belajar management. How to get things done by people. Masalahnya SDM di UKM rata2 1.7%. SDM 1.7% itu artinya pelaku UKM sebagai single fighter dibantu oleh suami, anak, ibuk, sopir, pembantu rumah tangga.

PERSONAL BRAND - Sebagai single fighter, pelaku UKM bisa bertemu langsung dengan konsumen. Ya terima order, ya masak, ya terima uang.

Personal Relation - personal brand pelaku UKM Business is no longer profit maximization, but create customer-Peter Drucker.

Materi Pelatihan Pemasaran Produk UKM Secara Online

by 10.51
​Bicara tentang UKM naik kelas, siang ini kita bicarkan hal-hal yang membuat UKM naik kelas yuk, salah satunya adalah UKM harus melek pemasaran.

Berbicara tentang  pemasaran, banyak hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha, baik itu usaha kecil maupun besar, semua membutuhkan pemasaran.

Nah seberapa penting sih strategi pemasaran bagi UKM itu sebenernya? Ikuti kultweet berikut ini yuk..

1. Pemasaran berfungsi untuk mengkomunikasikan mengenai informasi produk ke konsumen, dari kelebihan produk sampai dengan informasi detail

2. Pemasaran berperan untuk menghadapi segala persaingan bisnis

3. Tanpa strategi pemasaran yang baik, strategi penjualan akan sulit mencapai hasil yang maksimal.

4. Selain itu strategi pemasaran sangat dibutuhkan sebagai strategi untuk membangun hubungan dengan konsumen, untuk mengetahui apa keinginan konsumen

5. Strategi pemasaran berperan untuk menjaga pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang dan berkelanjutan.

Demikian untuk hari ini semoga bisa bermanfaat.. kita lanjutkan besok dengan tema obrolan yang lebih seru lagi.. Selamat sore..

Selamat pagi jelang siang.. melanjutkan obrolan kemarin tentang pemasaran, hari ini kita coba bahas cara pemasaran dengan biaya minim untuk UKM yuk

Terbatasnya anggaran pemasaran yang dimiliki UKM, bukan berarti menjadikan Usaha Kecil kalah saing dengan usaha dengan skala yang lebih besar. UKM harus lebih kreatif dengan menetapkan strategi pemasaran walaupun dengan keterbatasan anggaran atau dana yang dimiliki, terlebih bagi UKM pemula. Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan UKM  dalam menetapkan strategi pemasaran, diantaranya melalui tips berikut ini.. simak ya..


​UKM harus mampu membuat target bisnis. Salah satunya dalam bentuk target sales/omzet. Tentukan jumlah dan periodenya. Cek siapa pesaing kita dipasaran. Cek produk atau jasa yang serupa, cek kelebihan mereka, dan jadikan acuan atau referensi. Kenali siapa saja target konsumen yang ingin disasar.  Usahakan produk Anda harus punya pembeda/diferensiasi dengan produk pesaing.

Kenalkan produk Anda ke konsumen alias melakukan promosi, promosi bagi UKM bisa dengan cara online maupun offline. Promosi untuk UKM dengan cara offline bisa seperti membuat brosur, iklan, mengikuti event promo, ikut menjadi sponsor event, dll. Sedangkan promosi online bagi UKM bisa dengan cara membuat webisaite/ online shop, aktif dan memanfaatkan berbagai media sosial yang ada.

Nah kemudian jika semua hal tersebut sudah dilakukan, kemudian kembangkan strategi jualan/meningkatkan sales. Membuat calon pembeli menjadi pembeli dapt dilakukan dengan memberikan penawaran menarik, sprt: diskon/voucher belanja. Jaga konsumen agar menjadi pelanggan setia melalui pembelian berulang kali, buat kartu member untuk mengikat mereka. Bangun merek Anda, jaga kualitas produk, jika perlu daftarkan merek di HKI biar resmi serta lengkapi segala surat perijinan usaha Anda.

Dengan demikian usaha kecil Anda sudah kreatif menetapkan strategi pemasaran yang berguna bagi usaha Anda. Sudah saatnya kini UKM untuk naik kelas!

Pelatihan & Kursus Internet Marketing SEO Terbaik Gratis!

by 10.04


Sesuai janji saya tadi siang, kalo malam ini pukul 7 mau Kultwit hasil WorkShop sabtu-minggu kemarin.

Hari-1 kita dijelaskan tentang dahsyatnya SEO sebagai penunjang bisnis kita agar melesat pesat. SEO adalah strategi menempatkan situs mencapai rangking teratas di mesin pencari melalui kata kunci tertentu. Jika bicara SEO ya berarti bicara Google. Karena sekitar 90% orang Indonesia pakai Google sebagai mesin pencarinya. Maka 'bersahabatlah' dengan Google. Salah satu alasan menggunakan SEO adalah GRATIS!

Beda dengan PPC yg berbayar & terbatas karena limit budget iklan. Sebelum membuat tema utk situs kita, maka lakukanlah Riset Internet terkait ide maupun kata kunci atau keywords. Melalui Google Trend kita bisa tahu seberapa sering kata kunci tertentu dipakai orang di mesin pencari Google. Kata kunci Optimasi PLUS mengandung unsur kata kunci IDE, LOKASI dan BerUANG

Yuk langsung praktek bikin web gratisan dengan menggunakan Blogspot atau Wordpress

Waktunya belajar & membiasakan membuat artikel sendiri. Dan jangan copy-paste! Website yang baru dibuat perlu dikenal Google, salah satunya dengan bikin artikel minimal 3 hari sekali, selama 6 bulan. Waktunya masuk hari ke-2, kita diajari bikin web dengan domain berbayar . Meliputi cara beli Domain & Hosting, proses registrasi, membuat artikel dan setting menggunakan jurus-jurus SEO.

Oh iya, web atau domain berbayar merupakan salah satu penunjang rangking tinggi di SEO Google. Karena dengan kita memiliki domain berbayar, maka Google melihat keseriusan kita. Selain bikin blog & web, kita juga dikenalkan tools Digital Marketing yang lain. Dalam Digital Marketing kita wajib mengenal & update social media >> FB, twitter, G+, Linkedin, Youtube dll

Untuk jualan online di FB disarankan menggunakan Facebook Page. Demikian juga di Twitter terdapat kategori Twitter Profile, Twitter Branding, Twitter Marketing . Contoh Twitter Profile: @agnezmo , pak @TungDW , pak presiden @SBYudhoyono (verified). Contoh Twitter Branding: @ApiqueLaundry , @BrowniesGandum. Contoh Twitter Branding: @PakarSEO , @PakarDigitalMKT. Contoh Twitter Marketing: @Poconggg , @IDberkebun

Setelah 2 hari menimba ilmu di workshop  waktunya praktek & praktek! Dengan belajar & terus belajar kepada ahlinya maka kita akan mendapatkan hasil yang optimal. Sebenarnya tidak ada istilah orang yang gaptek, hanya saja belum tau caranya

Diberdayakan oleh Blogger.